Agung Dharma, M.Pd Says: This is How to Applied Multiage Class in Dapodikdas System

Mr. Agung Dharma, M.Pd During Dapodikdas Submit 2015 at Surabaya - Jawa Timur


Dibandingkan dengan sekolah lain di mana kelas dikelompokkan sesuai dengan nilai-nilai mereka, Sekolah HighScope Indonesia Bali menggunakan sistem multiage, di mana kelas dikelompokkan sesuai dengan usia siswa. Misalnya, kelas kelas 6 dicampur dengan siswa kelas 7, yang berkisar dari siswa berusia 11-12 tahun. Tujuan daripada sistem ini diterapkan selain efisiensi dari segi tata ruang juga menimbulkan efek lain yaitu, menghilangkannya batas senioritas dalam pembelajaran seperti kelas yang lebih besar ke kelas yang lebih kecil juga dapat menumbuhkan sosialisasi yang lebih erat antara kelas yang lebih tinggi dengan kelas yang lebih rendah. Dengan demikian dapat tercipta iklim belajar yang kondusif karena baik junior maupun senior belajar bersama-sama.

Dalam pemahaman program Dapodikdas dimana tiap-tiap sekolah wajib menyertakan informasi rombel (rombongan belajar) pada databasenya (1 Rombel hanya terdapat 1 Kelas saja), Sekolah HighScope Indonesia Bali melakukan adaptasi juga pada system multiage-nya agar bisa sinkron dengan data yang diminta dalam Dapodik. Jadi pada jenjang kelas seperti K-1 (PreSchool sampai Kelas 1 SD) yang Di inputkan sebagai Rombel Hanya Kelas 1 Saja, Jadi Kelas “K” nya tidak di ikutsertakan. Begitu juga dengan kelas 2-3, Kelas tersebut di Uraikan di Dapodik menjadi 2 Kelas yang Berbeda, Kelas 2 dan kelas 3. Dan hal senada juga berlaku pada tingkat SMP seperti kelas 8-9, kelas tersebut di uraikan dalam Dapodik Menjadi 2 kelas yaitu kelas 8 terpisah dengan Kelas 9. Jadi dengan mensinkronisasikan multiage dengan sistem Dapodik dapat dilakukan dengan cara seperti itu.


Kami selaku pihak sekolah sempat menanyakan hal tersebut pada Dinas terkait di tingkat kabupaten dan provinsi, dan dibenarkan, asalkan murid yang di rombel tersebut sudah sesuai dengan kelasnya dan memang aktif bukan data fiktif.


Sekian yang bisa saya uraikan tentang sinkronisasi yang kami lakukan di sekolah kami di Sekolah HighScope Indonesia Bali, Mohon maaf jika ada kekurangan dari pemaparan saya, akhir kata saya ucapkan terima kasih.

-By. Mr Agung,M.Pd- 
HSIBALI

Sign up here with your email address to receive updates from Sekolah HighScope Bali in your Inbox.

0 Response to "Agung Dharma, M.Pd Says: This is How to Applied Multiage Class in Dapodikdas System"

Post a Comment